UT? Universitas Terbuka? Apa sih? Kampus abal? ilegal?

December 20, 2019


Mungkin gak banyak orang yang tau kebenaran soal kampus UT. Yaa termasuk saya ahahaa. Hanya sekedar tau dari mulut ke mulut. Itu duluu sekarang tidak hehe..

"UT itu apa? oh yang pernah masuk pemberitaan di tv yaa, wisuda abal ijazah palsu. Yang ga punya gedung kampus kan?"

Hmm mendengar nya saja, saya amat tidak tertarik untuk berkuliah di UT. Ya buat apa karena tidak di akui oleh pemerintah. Eiitss tapi itu dulu, semenjak tahun 2018. Setelah saya tau sodara saya kuliah di UT. Saya langsung kepo maks dari A sampe Z perihal UT.

Jadi bagaimana kah status UT yang sebenarnya?

Universitas Terbuka (UT) adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ke-45 yang di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 4 September 1984 berdasarkan SK Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. 

Bagaimana dengan sistem belajarnya?

Penyelenggaraan pendidikan di UT dilakukan dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ). 

Terbuka: semua orang yang telah lulus SMA/SMK/MA sederajat bisa menjadi mahasiswa UT tanpa ada batas tahun ijazah, usia, lama studi.

Jarak Jauh:  Adanya jarak antara maasiswa dengan dosen. Yang dijembatani oleh penggunaan media dalam pembelajaran. Berupa bahan ajar yng dirancang khusus agar bisa di pelajari secara mandiri. 

Pilihan cara belajar:  Tutorial Tatap Muka (TTM) dan Tuton (Tutorial Online). Atau bisa memilih sesuai kebutuhan masing-masing.


Apakah hanya guru yang bisa kuliah di UT? 

Semua orang.. Dimana pun.. yang sudah atau belum bekerja.. Tanpa kendala ruang,waktu,biaya. Yng ingin melanjutkan studi maupun yg ingin menambah ilmu pngetahuan baru. Yang penting memiliki akses internet  khusus untuk Tuton. Pada tahun 2016, tercatat 300 ribu maasiswa belajar di UT yang tersebar di 32 negara.

Bagaimana dengan anggapan UT tidak di akui pemerintah?

Sangat tidak benar.. Layanan pendidikan di UT sudah terstandar dengan sistem jaminan kualitas berdasarkan standar penyelenggaraan pendidikan tinggi Kemristek dikti dan BAN PT.

Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 367/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2019, menyatakan bahwa Universitas Terbuka terakreditasi B.



Serta melaksanakan praktik PKBJJ dari Asian of Open Universities (AAOU) dan  Internasional Council for Open and Distance Education (ICDE) yg dilaksanakan secara berkala. Dan UT mendypatkan penganugerahan berupa sertifikat dari organisasi UT  Dunia yaitu ICDE serta sertifikat ISO 9001:2008/2015 dalam bidang pelayanan, pengembangan bahan ajar, bahan ujian, layann administrasi akademik dan sistem manajemen. Program studi UT pun sudah terakreditasi A dan B yang mwrupakan bentuk pengakuan dari BAN PT. Bisa di cek di https://www.banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi.php 

Lalu dimana kah kampus UT? punya gedung kah?

Kantor UT pusat berada di Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, 15418, Tangerang Selatan, Banten - Indonesia. 

Sedangkan untuk UPBJJ  nya memiliki 39 kantor yang tersebar di  seluruh Indonesia dan memiliki satu layanan luar negeri. Bisa di cek di https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat

Bagaimana kebenaran perihal wisuda abal yang pernah masuk berita TV?

Memang benar ada nya. namun bukan acara wisuda UT tapi acara wisuda abal yang dilakulan oleh yayasan aldiana nusantara yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi: STT Telematika Cakrawala, STIT Tangerang Raya, STIE Ganesha dan STKIP Suluh Bangsa. Tanpa ada perizinan dari  Kopertis dan tidk melapor ke pangkalan data pendidikan tinggi. Namun hanya penyelenggaraannya saja yang di laksanakan di gedung Universitas Terbuka Convention Center ( UTCC) di Pondok Cabe Tangerang Selatan. Mereka bisa mendapatkan ijazah palsu tanpa melalui perkuliahan.. 









You Might Also Like

11 comments

  1. Wah... sangat membatu. Terimakasih informasinya 😀

    ReplyDelete
  2. Semangat mbak buatt blognya...!!!! 😊
    Karya kita akan terus eksis bahkan 1000 tahun lagi👍👍👍

    ReplyDelete
  3. teman-teman saya juga banyak yang lulusan UT nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh klo gitu.. boleh dong pada mampir di blog kuu hihi

      Delete
  4. Meskipun namanya kampus terbuka..tapi kuliahnya didalem gedung kok..hehe :D
    temenku ada yang lulusan situ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa.. Kuliah di gedung tanpa ada uang bangunan :D

      Delete
    2. Hihi iyaa.. Kuliah di gedung tanpa ada uang bangunan :D

      Delete

Contact